Album Perdana Soneta


Mandul dan Ke Monas

Saya ingin buru-buru mencatat kegiatan libur saya pada 7 hingga 10 September 2007. Menjelang berangkat ke Jakarta dari Jogja dengan menumpang kereta api Bima jam 22.00, ada waktu sekitar 1 jam 30 menit untuk menunggu. Waktu sebentar itu saya gunakan untuk berjalan-jalan di pasar loak malam jalan Mangkubumi, hanya 100 meter dari stasiun Tugu. Itulah kali pertama saya melihat materi jualan pasar loak. Walau banyak aneka dagangan barang bekas, tujuan saya hanya satu mencari kaset lama.

Alhamdulilah saya menemukan dua pedagang kaset lama yang memiliki koleksi kaset yang saya cari. Salah satu yang menurut saya langka dan berharga adalah kaset berjudul Album O.M. Soneta Vol. 1 bergambar Oma Irama muda bermain gitar dan mengenakan headphone di telinganya. Album produksi Remaco dan didistribusikan oleh perusahaan Pulau Bali (tanpa tahun) itu berisi 10 lagu karya Oma Irama pada Side A. Sedang Side B berisi 9 lagu dari O.M. Omega.

Lagu-lagu Oma tersebut antara lain Ke Monas, 17 Tahun, Kuda Lumping dan Mandul. Keempat lagu tersebut disebut, karena hanya empat itulah yang masih bisa saya ingat melodinya, walaupun sisanya juga cukup dikenal. Lagu “Ke Monas” bagi saya yang kurang pergaulan, memberitahukan bahwa dulu Monas memiliki air mancur yang bisa menari. Air mancur “menari” itu selama beberapa tahun tak terdengar, baru belakangan Gubernur Sutiyoso merenovasinya kembali. Air mancur Monas itu sekarang bisa menari, dengan tata lampu yang gebyar, dan menjadi obyek wisata kembali.

Karya Oma Irama sejak album volume I ini harus diakui berkarakter kuat dan gampang nyantol di kuping. Sebagai pencipta lagu, Oma Irama harus diakui memang jago dari sononya. Walau popularitas Oma Irama sebagai pribadi kini agak pudar, karena tingkah politik dan affair pribadinya, namun Oma sebagai pencipta lagu, harus diakui memang jagonya. *

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Comments

  • doel  On October 16, 2007 at 8:58 am

    Ada beberapa lagu entah itu ciptaan Oma (Rhoma) Irama atau bukan, tapi yang jelas sebelum Rhoma Irama nyanyi dangdut pernah juga nyanyi lagu-lagu pop, misalnya: Oh, bulan dan bintang, kau selalu sakiti hatiku, dll. Saya nggak ingat apa lagi. Yang jelas saya juga lagi hunting lagu-lagu itu. Easy listening dan beatnya oke juga.

  • Anonymous  On November 11, 2007 at 1:43 pm

    Terima kasih atas komentar bang Doel. Saya baru tahu sekarang, kalau Rhoma juga mempunyai album pop sebelum ngedangdut. Terima kasih.

    Pengelola blog piringanhitam.blogspot.com

  • noer_mn  On December 27, 2008 at 2:43 pm

    Album pop Rhoma Irama cukup banyak dirilis dlm bentuk PH oleh Metropolitan Record, diantaranya diiringi oleh Band D’galaxi pimpinan Jovie Item (ayah dari penyanyi Audi). Rilis tahun 70’an. Album dangdut dimulai tahun 73 dibawah Remaco dan kemudian th 75 pindah ke Yukawi. Tahun 77 Rhoma kembali merilis album Pop dengan Judul Remaja dibawah Naviri Record.

    Tanggapan: Terima kasih atas feed back Anda. (Kelik)

  • solo.balapan  On January 30, 2009 at 10:54 am

    saya sangat senang menjumpai sebuah blog yang isinya tentang lagu lagu lama namun saya sangat senang dan ingin rasanya menimba ilmu dari pakarnya, oya saya kelahiran pada tahun 1980 dan waktu saya kecil dengar lagu lagu itu sangat bisa di resapi dan musiknya sangat sederhana .dan sangat beda dengan musik moderen .dan gampang di copy.

  • fajar  On September 9, 2009 at 5:14 am

    dulu saya dengar oma terpengaruh deep purple dari inggris. emang benar, terutama ketika penyanyinya masih rod evans (album2 awal dp).sepertinya lebih tepat soneta itu rock yg didangdutkan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: