Terima Kasih Om Wikipedia





Wikipedia adalah salah satu hikmah terbesar yang dilahirkan oleh internet. Eksiklopedi online ini benar-benar membantu kita melacak masa lalu yang selama ini sulit dijangkau secara cepat. Namun berkat keajaiban internet, pengetahun masa lalu itu bisa diperoleh dalam hitungan menit.

Salah satu jasa Wikipedia adalah untuk melacak sejarah produksi suatu album musik. Pada era 50 atau 60, bahkan 70, industri musik rekaman sering tidak lengkap menulis data album, misalnya menyangkut tahun produksi. Kalau tahun produksi saja dilupakan, apalagi data lain menyangkut profil artis.

Dengan bantuan Wikipedia, data penting itu bisa dilacak. Data lima lp 45 rpm yang saya tulis sebelum posting ini (the Cats, Bee Gees, Chubby Checker, the Thuder Birds, Aretha Franklin), saya peroleh dari Wikipedia. Saya jadi tahu bahwa album Respect dari Aretha Franklin memperoleh penghargaan best female vocal R&B, dan best recording R&B dari sebuah lembaga penghargaan musik pada 1968. Data lain misalnya grup musik The Shocking Blue memiliki lagu hit terhebat yaitu Venus, piringan yang baru saja saya beli di Jakarta selatan. Album itu diproduksi Polydor, tahun 1970. Terima kasih Om WIkipedia. *

Diskografi lp 45 rpm:

1. Heintje
Single: Mama
Produksi: Polydor

2. The Shocking Blue
Aingle: Venus
Produksi: Polydor, 1969

3. Johny Lion with Orchestra directed by Gerry Dale
Single: Devil Woman
Produksi, Philips

4. The Bachelors
Single: Ramona
Produksi: Decca, 1964

5. Cliff Richard
SIngle: Hits from The Young Ones
Produksi: Columbia, 1961

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Leave a comment